Selasa, 12 Februari 2019

[CLICKBAIT] Kisi-Kisi Soal Tes Masuk STMM "MMTC" Yogyakarta


Halo, Adik-adik!

Apa kabar? Bagaimana dengan persiapan menuju sekolah lanjutan? Sudah punya tujuan? Sudah memantapkan pilihan?

Begini, tulisan ini saya buat hanya untuk referensi Adik-adik agar memiliki gambaran seandainya Adik-adik berkenan menjadi salah satu bagian dari Kampus Broadcaster terbaik negeri ini. Karena saya merasakan betul kalau informasi dari web resmi sangat kurang—tidak ada detail mengenai tes-tesnya. Oleh karena itu, tulisan ini, sekarang hadir di hadapan kamu.

Satu tahun yang lalu, di tengah keresahan saya sebagai anak IPA tapi tidak suka pelajaran ilmu alam, saya mulai mencari kampus mana saja yang mau dan sesuai dengan kemampuan juga minat saya. Pilihan saya pun jatuh pada Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta.

Gambar diambil dari grup kelas, hehe.

Kenapa?

Karena dari tiga jurusan dan enam prodi yang saya cari di web kampus ini, salah satunya sangat cocok dengan apa yang saya bayangkan, yaitu jurusan penyiaran, program studi manajemen produksi siaran.
Selengkapnya kamu bisa akses di mmtc.ac.id

Kampus ini berstatus negeri di bawah naungan Kementrian Komunikasi dan Informatika. Tapi sekalipun negeri, jalur penerimaan mahasiswa baru tidak melalui SNMPTN maupun SBMPTN. Dan walaupun namanya sekolah tinggi, sekolah ini bukan ikatan dinas.

Jelas sampai sini? Jika kamu sudah menjadi bagian dari kampus ini, jangan bosan-bosan untuk kasih pemahaman ke orang-orang tentang ini ya. Banyak yang belum mengerti soalnya.

Tes di STMM “MMTC” Yogyakarta ini melalui dua tahap, yaitu tes tulis (CBT) dan tes wawancara. Pada tes tulis tahun 2018, terdapat 80 butir soal dari empat mata pelajaran (matematika dasar, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik) yang dikerjakan selama 60 menit. Karena tidak ada nilai minus, saat itu saya mengerjakan semua soal yang ada.

Memangnya seperti apa tipe soal tes tulis yang diberikan?

Untuk pelajaran matematika dasar, menurut saya itu lebih mirip dengan soal-soal ujian nasional tahun sebelumnya daripada tipe soal SBMPTN maupun soal tes sekolah ikatan dinas. Sedangkan untuk soal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, saran saya agar lebih jeli dalam tanda baca, susunan kalimat efektif, juga grammar. Kalau untuk soal TPA, kebanyakan yang keluar adalah pola gambar.

Tips dari saya, karena hanya 60 menit untuk 80 soal, maka langsung jawab cepat untuk soal yang menurut kamu mudah. Kalau sulit? Tetap baca soal, dan jawab. Daripada ada yang ketinggalan, dan justru kosong, padahal  seandainya kamu jawab asal tapi benar, lumayan buat tambahan nilai, kan?

FYI, penerimaan mahasiswa baru kampus ini ada tiga gelombang, dan dalam satu gelombang diadakan dalam dua hari. (Bisa cek jadwalnya di pmb.mmtc.ac.id) Jadi, setelah mendaftar secara online dan menyelesaikan registrasi, akan tercetak kartu pendaftaran, lengkap dengan jadwal dan di ruangan mana kamu akan menjalani tes. Tapi tenang, Dear. Satu peserta hanya menghabiskan satu hari untuk tes. Tes tulis sekaligus tes wawancara. Jadi, setelah menyelesaikan tes tulis, calon mahasiswa baru akan diarahkan ke ruangan lain untuk menghadapi wawancara dengan para dosen.

Nah, ini, yang pernah membuat saya deg-degan dan tidak bisa tidur: tes wawancara. Saya takut kalau grogi. Saya takut kalau salah bicara. Saya takut ini, saya takut itu. Dan saya menakuti banyak hal yang ternyata itu hanyalah hantu-hantu dalam pikiran saya.

Karena, Dear, tahap wawancara ini ternyata sangat menyenangkan. Dosen-dosen tidak seseram yang saya bayangkan, bahkan kami saat itu cenderung mengobrol biasa dibanding wawancara.

Pertanyaan yang kemungkinan besar akan kamu temukan adalah:
1.       Alasan memilih MMTC sebagai kampus tujuan kamu?
2.       Kenapa ingin berada di jurusan itu?
3.       Darimana kamu mengetahui MMTC?

Tapi ingat ya, setiap program studi beda pertanyaan. Biasanya kalau prodi yang kamu tuju adalah manajemen pemberitaan, maka kamu akan ditanya tentang berita terhangat saat itu. Apa yang kamu ketahui soal penyiaran atau bagaimana pendapat kamu mengenai media pemberitaan jaman sekarang, dan lain-lain.

Selebihnya, tergantung pernyataan kamu sendiri, Dear. Misalnya kamu kebetulan menyinggung sekolah (SMA/SMK/MA), maka kemungkinan kamu akan ditanya tentang sekolah kamu. Mulai dari pelajaran favorit, hobi, hingga ekstrakurikuler.

Atau seandainya kamu bilang pernah mengikuti suatu perlombaan, maka bisa jadi kamu akan ditanya tentang lomba itu. Apa kaitan lomba itu sampai kamu memilih MMTC sebagai tujuan kamu melanjutkan sekolah. Bahkan bisa secara random kamu disuruh menceritakan tentang kota asal kamu, makanan khas kota kamu, keluarga kamu, dan banyak sekali pertanyaan acak yang mungkin tidak sempat kamu pikirkan.

Saran saya, selain menjaga etika dan kesopanan dalam berwawancara, kamu juga harus jujur. Apapun pertanyaannya, sebisa mungkin jawab jujur. Karena, kalau nanti pertanyaan itu semakin berkembang, seandainya dari awal tidak jujur, maka kamu mau jawab apa? Bisa jadi grogi, dan akan ketahuan berbohong, kan? Jangan sampai ya, Dear.

Menurut info terbaru, jika kamu punya portofolio karya/sertifikat/piagam penghargaan, disarankan untuk menunjukkannya pada penguji wawancara. Nah, persiapkan dengan baik ya, siapa tahu bakal jadi nilai tambah buat kamu. So, jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua!
Semangat! Semoga sukses!




Informasi selebihnya tentang Penerimaan Mahasiswa Baru STMM “MMTC” bisa diakses di pmb.mmtc.ac.id

40 komentar:

  1. Hmm ada temen di prodi teknik produksi ga ka? Kali aja ada gitu, tes wawancaranya seputar apa gitu, toh kan katanya ada tes editing nya kan, apa mungkin itu cuma ditanya seputar editing2 gitu ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maaf ya pesannya baru terbaca dan baru sempat terbalas.

      Menurut pengalaman teman saya prodi matekstosi, dia ditanya soal kamera, sudah pernah membuat film atau belum, lalu ditanya soal keluarga dan kampung halamannya.

      Untuk pertanyaan wawancara sendiri biasanya random, tergantung jawaban pesertanya.

      :))
      Sekian, semoga bisa membantu.
      Semangat!

      Hapus
  2. wah terimakasih kak, tulisan ini sangat membantu kami para pendaftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. :)) Senang bisa membantu.

      Semangat!

      Hapus
  3. KK kalo jurusan animasi susah gak wawancaranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau susah atau tidak, relatif ya sebenarnya.

      Tapi saran saya, maksimalkan potensi yang dimiliki. Apa adanya, jangan bohong. Dan jaga sopan santun.

      Semangat! :))

      Hapus
  4. wahh makasih banyak kak kita jadi tau apa yg di teskan terus wawancaranya gmn :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, sama-sama. :)

      Tes wawancaranya tergantung jawaban dari masing-masing peserta dari tahap perkenalan.

      Hapus
  5. tpa nya itu saintek apa soshum ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal-soal TPA-nya mirip dengan soal-soal TPA pada umumnya :) Silakan googling atau cari di buku-buku latihan soal masuk perguruan tinggi.

      Semangat!

      Hapus
  6. Mau tanya kak kalo yang prodi manaprodsi itu pertanyaan wawancara nya lebih cenderung ke apa ya kak? contoh nih ya kalo di prodi yg manajemen pemberitaan itu kan katanya ditanyain tentang contoh berita terhangat saat itu, nah kalo yg prodi manaprodsi itu lebih kaya gimana ya pertanyaan nya? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk prodi manaprodsi, pertanyaannya lebih variasi lagi. Tergantung jawaban dari pesertanya sendiri. :)) Ada yang pernah ditanya tentang kepenulisan skenario karena dia sempat menyinggung perfilman. Ada yang disuruh menyanyi karena bilang kalau hobinya menyanyi. Ada yang ditantang menjawab menggunakan bahasa Inggris karena dia bilang pintar berbahasa Inggris.

      Macam-macam :)) Yang penting persiapkan diri sebaik mungkin. Semangat!

      Hapus
  7. Assalamualaikum kak..mau tanya presentasi ujian tes nya berapa berapa kak ya buat bisa lulus kak?..misalnya dari cbt nya berapa persen, dari wawancaranya berapa persen...sekian kak terimakasih kak... Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.

      Maaf, untuk persentase nilai ujian cbt dan wawancara saya kurang tahu. Sejauh yang saya tahu, untuk pengaturan itu tiap tahun berubah, tergantung kebijakan lembaga. :)

      Hapus
  8. Kak, kok kayak nya kbanyakan ambil prodi manarita, manaproduksi. Saya minat di MIK kak, itu tesnya sama aja kan ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya, koreksi. Manaprodsi, Manajemen Produksi Siaran. :))

      Iya, tesnya sama. CBT dan wawancara.
      Semangat!

      Hapus
  9. Kalau Prodi MIK biasanya wawancaranya ditanyai seputar apa ya kak? jadi grogi nih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya ditanya pertanyaan mendasar. Misalnya, darimana tahu MMTC, kenapa memilih MMTC, kenapa memilih MIK, dan lain-lain. Selebihnya pertanyaan berkembang dari hasil jawaban sebelumnya. :))

      Jangan lupa berdoa, minta restu orang tua dan orang-orang terdekat. Semangat!

      Hapus
    2. Oke makasih kak masukannya, semoga bisa ketemu di MMTC 😁

      Hapus
  10. Terimakasih kak, sangat membantu. Semoga saya hari ini bisa lolos tesnya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamminn. :) Senang bisa membantu. Semangat!

      Hapus
  11. Kak, ada cerita nggak tentang PKKMB?

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaykum. Kak mau tanya, untuk Program Studi Animasi dan Desain Teknologi Permainan, kan ada tes membuat Sketsa. Sketsa seperti apa ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam :)

      Untuk tes membuat sketsa, tergantung permintaan dosen pewawancaranya ya. Bisa sketsa bebas, atau diberi tema tertentu.

      Semangat!

      Hapus
  13. kalo untuk prodi manajemen informasi & komunikasi tes wawancara nya pertanyaan apa aj yg keluar ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan dalam tes wawancara, biasanya pertanyaan umum. Misalnya tahu MMTC dari mana, kenapa memilih prodi tersebut, dan lain-lain.

      Selebihnya berkembang dari jawaban peserta sendiri.

      Semangat! :)

      Hapus
  14. besok aku tes mmtc kaa, udah ada gambaran nih buat tes besok hehe, doakan sukses ya kaak, makasihhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.

      Semoga dilancarkan dan diberi hasil terbaik. Aamiin :)

      Hapus
  15. kak,penilaian tesnya itu gimana ya? soalnya saya sudah ikut gelombang pertama dan ga lulus.kira2 apa lagi yang harus saya pelajari ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, baru balas.
      Untuk penilaian, saya kurang tahu, karena itu murni dari lembaga. Dan untuk saat ini, tentu ada perbedaan sistematika penilaian mengingat adanya kebijakan dari lembaga terkait covid-19.

      Mungkin yang bisa dipelajari untuk saat ini adalah soal-soal yang kemarin keluar di tes CBT. Semangat!

      Hapus
  16. Kak,tes cbt ini materinya dari kumpulan soal2 un smk/sma ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, baru balas.
      Untuk tes dua tahun lalu, iya. Menggunakan soal-soal UN. Tapi untuk yang tahun ini, maaf saya belum ada informasi.

      Hapus
  17. Untuk jurusan animasi apakah banyak pelajaran yang berhubungan dengan matematika ? Karena anak saya senang sekali menggambar tapi tidak begitu bisa matematika ... Hehehe

    BalasHapus
  18. Kak,waktu kita daftar itu boleh milih berapa prodi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, maaf baru balas.
      saat pendaftaran hanya boleh mendaftar satu program studi.

      Hapus
  19. Kak, utk biaya daftar dan biaya kuliahnya, apakah hampir sama dengan ketika daftar lewat sbmptn?

    BalasHapus

Kamu Harus Baca Ini

#SWORDS's After Story

Hidupku tidak banyak berubah, seandainya kamu ingin bertanya keadaanku kini.              Bersyukur banyak-banyak karena sekolah lanjut...

Banyak yang Baca Ini